☎ Hotline: +62 823 7728 3090 | pikiransuper.id@gmail.com
Halo para Generalis Muda Indonesia - Mari bergabung dan belajar bersama di Komunitas Pikiran Super Indonesia! - Mind Change Your Life!. Gabung Sekarang!

Memahami Penggunaan "To Be" dalam Bahasa Inggris: Am, Is, Are, Was, dan Were

    Halo Pejuang Bahasa Inggris! Bahasa Inggris adalah bahasa yang luas dan beragam, dan salah satu aspek penting dalam memahaminya adalah pemahaman tentang kata kerja bantu "To Be." Kata kerja bantu "To Be" memiliki beberapa bentuk, termasuk "am," "is," "are," "was," dan "were." Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan secara rinci penggunaan masing-masing bentuk kata kerja bantu "To Be" dalam konteks bahasa Inggris Amerika dan Inggris Britania. Artikel ini akan membantu kamu sebagai pembelajar tingkat dasar untuk memahami konsep ini dengan mudah.

1. "Am"

"Am" adalah bentuk kata kerja bantu "To Be" yang digunakan dalam bahasa Inggris Amerika untuk orang pertama tunggal (I). Ini adalah kata kerja bantu yang digunakan ketika kita ingin menyatakan identitas atau keadaan diri sendiri. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan "am":

  •  I am a student. (Saya adalah seorang siswa.)
  •  I am happy. (Saya bahagia.)

Dalam contoh di atas, "am" digunakan untuk menyatakan identitas (siswa) dan keadaan emosi (bahagia) dari subjek (I).

2. "Is"

"Is" adalah bentuk kata kerja bantu "To Be" yang digunakan dalam bahasa Inggris Amerika untuk orang ketiga tunggal (he, she, it) dan bentuk tunggal dari kata benda (singular nouns). Ini digunakan untuk menyatakan identitas, keadaan, atau sifat dari subjek tersebut. Contoh penggunaan "is":

  • He is a doctor. (Dia adalah seorang dokter.) 
  • The cat is cute. (Kucing itu lucu.)

Dalam contoh di atas, "is" digunakan untuk menyatakan identitas (dokter) dari "he" dan sifat (lucu) dari "cat."

3. "Are"

"Are" adalah bentuk kata kerja bantu "To Be" yang digunakan dalam bahasa Inggris Amerika untuk orang kedua tunggal (you) dan semua bentuk jamak (we, they). Ini digunakan untuk menyatakan identitas, keadaan, atau sifat dari subjek tersebut. Contoh penggunaan "are":

  • You are my friend. (Kamu adalah temanku.) 
  • We are students. (Kita adalah siswa.)

Dalam contoh di atas, "are" digunakan untuk menyatakan identitas (teman) dari "you" dan keadaan (siswa) dari "we."

4. "Was"

"Was" adalah bentuk kata kerja bantu "To Be" yang digunakan dalam bahasa Inggris Amerika dan Inggris Britania untuk orang pertama tunggal (I) dan orang ketiga tunggal (he, she, it) dalam bentuk tunggal. Ini digunakan untuk menyatakan kejadian atau keadaan di masa lampau. Contoh penggunaan "was":

  • I was at the park yesterday. (Saya berada di taman kemarin.) 
  • She was tired after work. (Dia lelah setelah bekerja.)

Dalam contoh di atas, "was" digunakan untuk menyatakan kejadian atau keadaan di masa lampau (berada di taman kemarin, lelah setelah bekerja).

5. "Were"

"Were" adalah bentuk kata kerja bantu "To Be" yang digunakan dalam bahasa Inggris Amerika dan Inggris Britania untuk orang kedua tunggal (you) dan semua bentuk jamak (we, they) dalam bentuk jamak. Ini juga digunakan untuk menyatakan kejadian atau keadaan di masa lampau. Contoh penggunaan "were":

  • You were late for the meeting. (Kamu terlambat untuk pertemuan.) 
  • They were happy at the party. (Mereka bahagia di pesta.)

Dalam contoh di atas, "were" digunakan untuk menyatakan kejadian atau keadaan di masa lampau (terlambat untuk pertemuan, bahagia di pesta).

Perbedaan Antara "Was" dan "Were"

Seringkali, perbedaan antara "was" dan "were" dapat membingungkan, terutama dalam konteks masa lampau. Aturan dasarnya adalah "was" digunakan untuk orang pertama tunggal (I) dan orang ketiga tunggal (he, she, it) dalam bentuk tunggal, sedangkan "were" digunakan untuk orang kedua tunggal (you) dan semua bentuk jamak (we, they) dalam bentuk jamak.

Contoh: 
  •  I was at home. (Saya berada di rumah.) 
Menggunakan "was" untuk I (orang pertama tunggal). 
  • They were at the park. (Mereka berada di taman.) 
Menggunakan "were" untuk they (bentuk jamak).

    Dengan pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan "To Be" dalam bahasa Inggris Amerika dan Inggris Britania, serta perbedaan antara "am," "is," "are," "was," dan "were," Anda dapat membangun dasar yang kuat dalam tata bahasa Inggris. Latihan dan penggunaan berulang akan membantu Anda lebih mahir dalam menggunakan kata kerja bantu ini dalam percakapan sehari-hari

. Kesimpulan

    Pemahaman tentang penggunaan kata kerja bantu "To Be" (am, is, are, was, were) merupakan langkah penting dalam mempelajari bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris Amerika dan Inggris Britania, kata kerja bantu ini digunakan untuk menyatakan identitas, keadaan, sifat, dan kejadian dalam konteks masa kini dan masa lampau. Dengan latihan yang baik, Anda akan semakin percaya diri dalam menggunakan kata kerja bantu ini dalam percakapan dan mengekspresikan diri dengan lebih baik dalam bahasa Inggris.

    Sumber daya tambahan seperti latihan, buku tata bahasa, dan kursus bahasa Inggris dapat membantu kamu mengasah keterampilan dalam menggunakan "To Be" dan bahasa Inggris secara umum. Semoga artikel ini membantumu dalam memahami konsep ini dengan lebih baik. Selamat belajar!

Getting Info...

Posting Komentar

Tulis komentar dengan kata-kata yang baik, terima kasih telah berkunjung 🙏
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.