Menjadi Pribadi yang Sehat


Pribadi yang sehat bukan hanya diukur dari kondisi fisik tetapi juga mental seseorang. Mungkin beberapa kepribadian berikut ini bisa menjadi contoh untuk anda mengembangkan kesehatan mental dengan berbaur ditengah masyarakat.

a. mampu berkembang ditengah masyarakat, artinya dalam menjalani kehidupan meskipun hidup diantara masyarakat, anda tetap bisa menjadi diri sendiri atau anda tidak kehilangan identitas asli.

b. bisa mengatur dan mau diatur, jika anda hanya bisa mengatur tapi tidak bisa diatur maka dalam masyarakat anda akan dibuang minimal ditandai. Kenapa kita harus mau diatur? Karena hidup kita tidak semuanya kita yang mengatur.

c. mampu mempercayai dan dipercayai, Kepercayaan adalah hal yang paling sering menimbulkan konflik, karena seringnya terjadi kasus mengingkari apa yang dipercayakan atau biasa disebut sebagai kemunafikan.

d. mau bersolidaritas atau toleransi, manusia yang sehat secara mental harus mau melebur dirinya dalam kebersamaan tanpa syarat-syarat yang membebankan. Anda bisa bergabung dengan orang lain tanpa melihat rendah tingginya derajat namun tetap memperhatikan norma-norma sosial agar solidaritas yang terjalin menjadi seimbang.

e. membuat batasan diri atau personal boundaries, Membuat batasan menjadi sangat penting karena kita harus bisa mengatur siapa saja yang kita perbolehkan  untuk mengenali siapa kita. Menurut kak Gita Savitri batasan ini bukan menandakan keegoisan seseorang, tetapi dengan adanya batasan mampu membuat kita lebih merasa aman dan nyaman. Batasan ini seperti rumah, Kita bisa mulai mengelompokkan siapa saja yang hanya boleh diluar pagar, siapa yang boleh memasuki ruang tamu dan siapa yang boleh masuk kedalam kamar tidur. Ini akan menjaga privasi anda dengan baik.

f. menjaga jarak antara dirinya dengan masyarakat, Kata Sunan Kalijaga nglaras ilining banyu angeli, ananging ora keli atau mengalir seperti air tapi tidak terhanyut. Filosofi ini mengajarkan bahwa manusia harus bisa mengikut perubahan tapi tidak larut dalam perubahan tersebut.

Itulah beberapa contoh yang bisa anda lakukan untuk menjadi pribadi yang sehat secara mental. Persiapkan diri anda untuk ditempa ditengah-tengah masyarakat yang beragam, tetaplah menjadi diri sendiri dan jangan mengubah apapun tetapi berikan mereka contoh supaya mereka mengikuti anda dan melakukan perubahan itu sendiri.
Posting Komentar

Login