☎ Hotline: +62 823 7728 3090 | pikiransuper.id@gmail.com
Halo para Generalis Muda Indonesia - Mari bergabung dan belajar bersama di Komunitas Pikiran Super Indonesia! - Mind Change Your Life!. Gabung Sekarang!

Analisis Perbandingan Kurikulum Pendidikan di Indonesia dan Finlandia

Abstrak:
Artikel ini menggali desain sistem pendidikan Indonesia yang bersumber dari model pendidikan Finlandia. Studi perbandingan kurikulum pendidikan Indonesia dan Finlandia penting untuk menginformasikan pengambilan keputusan dan pengembangan kebijakan guna meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan tinjauan literatur, menganalisis temuan penelitian dari berbagai jurnal nasional untuk membandingkan kurikulum pendidikan kedua negara tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum pendidikan Indonesia memiliki beberapa kelemahan, termasuk tujuan kurikulum, materi kurikulum, media pembelajaran, strategi pembelajaran, dan proses pembelajaran itu sendiri. Temuan ini memiliki dampak signifikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia dan membentuk kebijakan pendidikan.
Kata Kunci: Kurikulum, Indonesia, Finlandia

Pendahuluan

Kualitas pendidikan di Indonesia menjadi perhatian utama, terutama jika dibandingkan dengan negara-negara dengan sistem pendidikan yang lebih maju. Survei internasional seperti Programme for International Student Assessment (PISA) yang dilakukan oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) secara konsisten menempatkan Finlandia di antara pelaku terbaik, sementara Indonesia tertinggal. Sebagai contoh, hasil PISA 2009 menempatkan Finlandia di tiga besar, bersama dengan Tiongkok dan Korea, sementara Indonesia menempati peringkat ke-5 dari 65 negara. Penting untuk dicatat bahwa hasil PISA menunjukkan bahwa negara-negara yang tampil terbaik, termasuk Finlandia, unggul dalam matematika dan sains, sementara siswa Indonesia kesulitan mencapai skor tinggi di bidang tersebut.

Salah satu alasan utama di balik kesuksesan pendidikan di Finlandia adalah konsistensi kurikulum dan kebijakan pendidikannya selama bertahun-tahun. Negara-negara seperti Tiongkok, Korea, dan Singapura juga menunjukkan konsistensi dan kelanjutan dalam kebijakan pendidikan mereka, mencerminkan pendekatan Finlandia. Di sisi lain, Indonesia sering mengalami perubahan kebijakan pendidikan yang sering terjadi bersamaan dengan perubahan kepemimpinan. Fleksibilitas dan ketidakkonsistenan dalam sistem pendidikan Indonesia ini telah menghambat perkembangannya.

Perbandingan Kurikulum Indonesia vs. Finlandia

1. Tujuan Kurikulum: Kurikulum pendidikan Indonesia sangat bergantung pada kesiapan dan kemandirian siswa, sedangkan Finlandia menekankan pendekatan yang lebih holistik. Kurikulum Finlandia bertujuan untuk membentuk individu yang berpengetahuan luas, bukan hanya akademis, tetapi juga sosial dan emosional.
2. Materi Kurikulum: Di Indonesia, materi kurikulum disesuaikan dan diberlakukan di semua sekolah dengan keterlibatan siswa yang terbatas dalam pengembangannya. Di Finlandia, guru diberi kebebasan yang lebih besar dalam menyesuaikan materi kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa mereka.
3. Media Pembelajaran: Indonesia berfokus pada penyediaan materi pembelajaran yang mengakomodasi kenyamanan siswa selama proses pembelajaran. Finlandia, sebaliknya, lebih menekankan pada metode pembelajaran aktif, kegiatan kelompok, dan pengembangan kemampuan berpikir kritis.
4. Strategi Pembelajaran: Sistem pendidikan Indonesia cenderung mengandalkan metode pengajaran tradisional, seperti ceramah, yang dapat membatasi keterlibatan siswa. Finlandia memberikan prioritas pada metode pembelajaran aktif yang mendorong partisipasi siswa, kolaborasi, dan pemecahan masalah.
5. Proses Pembelajaran: Siswa Indonesia sering menghadapi beban tugas rumah yang berat dalam bentuk pekerjaan rumah, yang dapat menjadi beban berat. Sebaliknya, siswa Finlandia memiliki pendekatan yang lebih santai terhadap pekerjaan rumah, memungkinkan keseimbangan yang lebih sehat antara sekolah dan kehidupan pribadi.

Sistem pendidikan Finlandia menonjol karena konsistensinya, orientasi pada siswa, dan memberikan kebebasan kepada guru untuk mengembangkan pendidikan yang lebih baik. Sementara itu, Indonesia menghadapi tantangan akibat perubahan kebijakan yang sering terjadi, kurikulum yang kaku, dan penekanan berat pada ujian dan evaluasi.

Kualifikasi Guru dan Kebebasan

Di Indonesia, guru diharuskan memiliki setidaknya gelar sarjana dengan nilai minimal tertentu. Di Finlandia, calon guru dipilih dari 10% terbaik lulusan perguruan tinggi, sehingga menjamin tingkat kompetensi yang tinggi. Selain itu, guru Finlandia memiliki lebih banyak otonomi dalam menentukan metode pengajaran mereka dan memilih materi pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa mereka.

Kesimpulan

Analisis perbandingan kurikulum pendidikan di Indonesia dan Finlandia mengungkapkan perbedaan yang signifikan dalam pendekatan dan hasilnya. Sistem pendidikan Finlandia yang konsisten, berfokus pada siswa, dan memberdayakan guru telah secara konsisten menduduki peringkat teratas di dunia. Sementara itu, Indonesia berjuang dengan tantangan yang berasal dari perubahan kebijakan yang sering, kurikulum yang kaku, dan penekanan berat pada ujian dan evaluasi. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia, para pembuat kebijakan perlu mempertimbangkan pengadopsian elemen-elemen dari model Finlandia yang sukses, terutama penekanan pada pengembangan holistik siswa, fleksibilitas materi kurikulum, dan otonomi guru. Mewujudkan reformasi semacam itu dapat membuka jalan menuju masa depan yang lebih cerah bagi pendidikan Indonesia.

Source:
https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/4010/3314.

Getting Info...

Posting Komentar

Tulis komentar dengan kata-kata yang baik, terima kasih telah berkunjung 🙏
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.