☎ Hotline: +62 823 7728 3090 | pikiransuper.id@gmail.com
Halo para Generalis Muda Indonesia - Mari bergabung dan belajar bersama di Komunitas Pikiran Super Indonesia! - Mind Change Your Life!. Gabung Sekarang!

Unduh CP Prota Prosem kelas 10 Kurikulum Merdeka Belajar

    Pembelajaran adalah suatu proses yang kompleks yang melibatkan berbagai faktor, baik dari segi pengajar, siswa, materi pelajaran, dan lingkungan pembelajaran. Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengeluarkan Kurikulum Merdeka Belajar (KMB) untuk semua jenjang pendidikan. Pada tingkat SMA/SMK/MA, KMB membagi pembelajaran menjadi dua jenis, yaitu Program Tahunan (Prota) dan Program Semester (Promes).

    Prota dan Promes merupakan alat yang digunakan oleh sekolah dalam menyusun rencana pembelajaran. Prota merupakan rencana pembelajaran yang diterapkan dalam satu tahun pelajaran, sementara Promes merupakan rencana pembelajaran dalam satu semester. Dalam Prota dan Promes, terdapat capaian pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa.

    Capaian pembelajaran adalah tujuan pembelajaran yang ingin dicapai oleh siswa setelah mengikuti suatu materi atau topik tertentu. Tujuan pembelajaran ini biasanya mencakup keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang diharapkan dari siswa setelah selesai mengikuti suatu materi atau topik. Capaian pembelajaran dalam Prota dan Promes di KMB juga mencakup aspek keilmuan, keterampilan, dan karakter.

    Aspek keilmuan dalam capaian pembelajaran KMB mencakup pemahaman konsep, pengetahuan fakta, dan keterampilan berpikir kritis. Aspek keterampilan mencakup keterampilan proses, keterampilan produk, dan keterampilan interaksi sosial. Sedangkan, aspek karakter mencakup nilai-nilai moral dan sosial yang menjadi bagian dari keberhasilan pendidikan.

   Capaian pembelajaran KMB dituangkan dalam bentuk kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator pencapaian kompetensi. Kompetensi inti mencakup kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa dalam setiap mata pelajaran. Sedangkan, kompetensi dasar adalah spesifikasi dari kompetensi inti yang harus dikuasai oleh siswa untuk mencapai kompetensi inti tersebut. Indikator pencapaian kompetensi adalah kriteria keberhasilan dalam mencapai kompetensi dasar.

    Dalam Prota dan Promes, capaian pembelajaran disusun berdasarkan mata pelajaran yang akan diajarkan. Proses penyusunan Prota dan Promes dilakukan secara kolaboratif oleh guru dan kepala sekolah. Guru sebagai pelaksana pembelajaran memiliki kewenangan untuk menentukan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

    Capaian pembelajaran KMB dalam Prota dan Promes memiliki peran penting dalam menentukan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan adanya capaian pembelajaran yang jelas, siswa dapat mengetahui apa yang harus mereka capai dalam setiap pelajaran dan bagaimana cara mereka dapat mencapainya. Selain itu, capaian pembelajaran juga memudahkan guru dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

    Selain itu, capaian pembelajaran KMB dalam Prota dan Promes juga menjadi acuan bagi pengawas pendidikan dalam melakukan supervisi terhadap proses pembelajaran di sekolah. Dengan memonitor capaian pembelajaran, pengawas pendidikan dapat menilai sejauh mana proses pembelajaran di sekolah sudah mencapai target yang diharapkan.

    Untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan, siswa perlu aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, para guru juga harus mampu mengembangkan berbagai metode dan strategi pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa dalam mencapai capaian pembelajaran tersebut. Selain itu, kepala sekolah juga perlu memberikan dukungan dalam bentuk fasilitas dan sarana pendukung yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah.




CP Prota Prosem Kelas 10 Kurikulum Merdeka Seluruh Mata Pelajaran. 



  1. PAI

  2. PPKn

  3. MTK

  4. IPA

  5. IPS

  6. PJOK

  7. Informatika Kelas

  8. Prakarya Kerajinan

  9. Bahasa Indonesia

  10. Bahasa Inggris

  11. Seni Tari

  12. Seni Rupa

  13. Seni Musik

  14. Seni Teater



Link download akan diupdate setiap hari, mohon untuk menyimpan halaman ini.



    Dalam KMB, penilaian capaian pembelajaran juga menjadi penting dalam menentukan hasil belajar siswa. Penilaian capaian pembelajaran dilakukan secara berkelanjutan dan integratif, yang mencakup penilaian formatif dan penilaian sumatif. Penilaian formatif dilakukan selama proses pembelajaran untuk membantu siswa mengidentifikasi kelemahan mereka dan memperbaikinya. Sementara, penilaian sumatif dilakukan pada akhir proses pembelajaran untuk menentukan hasil belajar siswa secara keseluruhan.

    Dalam kesimpulannya, capaian pembelajaran dalam Prota dan Promes di KMB memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Capaian pembelajaran memungkinkan siswa untuk mengetahui apa yang harus mereka capai dalam setiap pelajaran dan bagaimana cara mereka dapat mencapainya. Selain itu, capaian pembelajaran juga memudahkan guru dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, implementasi capaian pembelajaran KMB harus dilakukan secara efektif dan efisien agar dapat mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan.

Getting Info...

Posting Komentar

Tulis komentar dengan kata-kata yang baik, terima kasih telah berkunjung 🙏
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.