☎ Hotline: +62 823 7728 3090 | pikiransuper.id@gmail.com
Halo para Generalis Muda Indonesia - Mari bergabung dan belajar bersama di Komunitas Pikiran Super Indonesia! - Mind Change Your Life!. Gabung Sekarang!
Postingan

Tips Sehat, Makanan untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak

Hi, Learners! Ingin anak berprestasi di sekolah? Perhatikan pola makannya dengan cermat, yuk. Mulai dengan membaca daftar makanan untuk meningkatkan daya ingat sejak dini untuk membantunya tumbuh dengan maksimal.


Makanan tertentu dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otak anak, serta meningkatkan fungsi otak, memori, dan konsentrasi. Tubuh yang sedang tumbuh memerlukan banyak jenis nutrisi sebagai cara meningkatkan daya ingat.


Buah adalah Makanan Untuk Meningkatkan Daya Ingat

1.    Kacang

Kacang istimewa karena memiliki energi dari protein dan karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang juga mengandung serat, vitamin dan mineral. Kacang dapat menjaga energi dan tingkat berpikir anak pada saat hari apabila dikonsumsi saat makan siang.

Kacang merah mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 daripada kacang lainnya, sama halnya dengan kacang pinto. Berbagai jenis omega-3 terkandung dalam kacang ini yang bagus untuk pertumbuhan dan fungsi otak.

2.    Berry

Stroberi, ceri, blueberry, dan blackberry merupakan kumpulan buah jenis berry. Semakin intens warna berry, semakin banyak nutrisi dalam buahnya. Buah beri kaya akan antioksidan, terutama vitamin C, yang dapat membantu mencegah kanker.

Tambahkan berry ke sayuran yang mungkin membutuhkan penambah rasa seperti irisan ceri manis dengan brokoli atau stroberi dengan kacang hijau. Learners juga dapat menambahkan berry ke dalam smoothies buah yang disukai anak.

3.    Alpukat

Alpukat masuk ke dalam jajaran makanan untuk meningkatkan daya ingat yang diisi dengan lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Lemak ini meningkatkan kekuatan otak dengan meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan kesehatan otak.

Buah penambah daya ingat yang satu ini banyak disukai anak-anak.  Olahan buah ini misalnya jus alpukat, es teller alpukat, dan selai alpukat. Buah ini juga nikmat hanya dengan dipotong memanjang dan ditaburi gula atau susu kental manis.


Makanan Olahan Penambah Daya Ingat

1.    Selai Kacang

Makanan  untuk meningkatkan daya ingat lainnya adalah selai kacang. Makanan ini adalah sumber vitamin E yang baik, antioksidan kua, dan sumber thiamin untuk membantu otak dan sistem saraf menggunakan glukosa untuk energi.

Buatlah kudapan yang menarik dari kacang untuk anak, misalnya roti tawar yang diolesi selai kecang dan ditambah irisan pisang. Kudapan selai kacang yang dinikmati bersama potongan apel juga dapat menjadi makanan penambah daya ingat dan kecerdasan anak.

2.    Susu dan Yoghurt

Makanan susu dikemas dengan protein dan vitamin B yang penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Susu dan yogurt juga memberikan dampak yang lebih besar sebagai sumber energi yang disukai untuk otak.

Beberapa sajian dari susu dan yoghurt yang dapat Learners coba yaitu susu rendah lemak dengan sereal, susu dalam jus, stik keju, yoghurt rendah lemak, yoghurt dengan buah segar, yoghurt dengan jus buah.


Sayuran Penambah Daya Ingat 

1.    Bayam

Bayam masuk ke dalam jajaran sayuran yang dapat meningkatkan daya ingat anak. Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang penuh dengan vitamin B, foliat dan L-tirosin yang meningkatkan memori jangka pendek, meningkatkan fokus mental dan menangkal depresi.

Bayam enak dijadikan salad, namun Learners dapat mencoba membuat sayur bening bayam yang mungkin akan lebih disukai anak-anak. Bayam juga dapat dimasukkan ke dalam jus jika anak menyukainya.

2.    Brokoli 

Makanan untuk meningkatkan daya ingat selanjutnya yakni brokoli. Sayuran hijau ini kaya akan antioksidan dan senyawa tanaman yang disebut karotenoid yang membantu melindungi otak.

Jika anak tidak menyukai sayur ini, Learners dapat mencoba memotongnya menjadi lebih kecil dan memberikan beberapa saus cocol pilihan yang disukai anak, misalnya saos tomat dan mayo. Brokoli juga nikmat saat hanya direbus.

Penting bagi anak untuk makan makanan yang akan membantu mereka tampil dengan kapasitas penuh. Berbagai makanan tersebut mengandung vitamin untuk meningkatkan daya ingat anak yang merupakan investasi jangka panjang.

Penutup

Makanan untuk meningkatkan daya ingat memang harus senantiasa diberikan untuk anak bahkan hingga remaja.  Remaja mengalami banyak perubahan dan perkembangan di otak mereka saat mereka tumbuh.



Getting Info...

Posting Komentar

Tulis komentar dengan kata-kata yang baik, terima kasih telah berkunjung 🙏
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.