☎ Hotline: +62 823 7728 3090 | pikiransuper.id@gmail.com
Halo para Generalis Muda Indonesia - Mari bergabung dan belajar bersama di Komunitas Pikiran Super Indonesia! - Mind Change Your Life!. Gabung Sekarang!
Postingan

Research AI4IMPACT

 Apa itu Campaign Marketing?

Marketing campaign adalah strategi untuk mempromosikan beberapa aspek
bisnis, seperti meningkatkan brand awareness dan mendapatkan feedback
dari konsumen, Dengan kata lain, marketing campaign bukanlah strategi
pemasaran utama sebuah brand. Sebaliknya, ia hanya sebagian kecil dari
keseluruhan strategi pemasaran.





Beberapa contoh marketing campaign diterapkan pada momen cuci gudang
sebuah brand di akhir tahun, momen berbagai hari raya, dan sebagainya.
Biasanya, marketing campaign dilakukan dengan menggunakan berbagai media
tergantung pada tujuannya, mulai dari email, flyer, billboard, TV,
radio, PPC hingga media sosial.

Contoh marketing campaign yang bagus





Nike: Just Do It





Salah contoh marketing campaign yang berhasil telah dilakukan oleh
Nike. Tahukah kamu kalau dulu produk Nike kebanyakan hanya ditujukan
untuk pelari maraton? Lalu, mereka mendapat Reebok sebagai saingan. Saat
itu penjualan lebih berkali-kali lipat lebih tinggi dibanding Nike.
Oleh karena itu, pihak Nike berpikir harus melakukan sesuatu untuk
mengalahkan kompetitornya.





Kemudian, di akhir tahun 80-an, Nike meluncurkan apa yang banyak
orang ketahui sebagai gerakan Just Do It. Marketing campaign menciptakan
gebrakan besar pada penjualan Nike. Pada tahun 1988, Nike Menjual $800
juta yang naik 10x kali lipat menjadi $9,2 miliar di 10 tahun
berikutnya.





Slogan Just Do It memang hanya merupakan kalimat pendek. Namun melekat di pikiran banyak orang hingga saat ini.





Absolut Vodka: The Absolut Bottle





Meskipun botol Absolut Vodka memiliki bentuk yang sama sampai
sekarang, dari desain botol yang konstan ini, botol mereka adalah salah
satu botol vodka yang paling terkenal di dunia. Kampanye iklan
perusahaan ini menghubungkan citra kehidupan nyata dengan bentuk botol
vodka. Terbukti, kampanye ini sangat sukses dan tidak berhenti selama 25
tahun.





Ini adalah kampanye terpanjang dalam sejarah dengan lebih dari 1500
iklan yang berbeda. Ketika kampanye dimulai, Absolut memiliki pangsa
pasar 2,5% di pasar vodka. Pada akhir tahun 2000-an, Absolut menjual
lebih dari 4,5 juta botol per tahun. Wah, marketing campaign keren ‘kan,
Sobat?





Apple: Shot on iPhone





Apple merupakan sang juara dalam hal promosi. Salah satu contoh
marketing campaign mereka, “Shot on iPhone” pantas berada salah satu
kampanye terbaik di dunia. Hal ini dikarenakan sekilas, kampanye
pemasaran ini terlihat seperti UGC pada umumnya, di mana  pengguna
iPhone diminta untuk mengirimkan foto mereka dengan tagar tertentu.





Namun, perbedaannya terletak pada seberapa serius Apple menyikapi UGC
ini. Iklan “Shot on iPhone” juga muncul di TV yang menampilkan artis
kelas dunia seperti Lady Gaga dan Selena Gomez yang melakukan
mengabadikan gambar bagus hanya dengan kamera iPhone.





Selain itu, sebagai bagian dari marketing campaign ini, Apple juga
memilih 11 fotografer profesional ternama dari berbagai belahan dunia 
sebagai juri. Tidak berhenti sampai di situ, 10 foto pemenang dipajang
di billboard di berbagai kota besar, di berbagai toko Apple, serta di
semua materi promosi online mereka.





Metro Trains: Dumb Ways to Die





Kami yakin Sobat sudah familiar dengan video atau lagu Dumb Ways to
Die. Namun, tahukah Sobat cerita di balik video tersebut? Ternyata video
tersebut dibuat pada marketing campaign untuk mengirim  pesan
sederhana: hati-hati di sekitar rel kereta api.





Video animasi ini  menunjukkan beberapa contoh kematian yang
sebenarnya bisa dihindari jika mereka berhati-hati. Videonya langsung
viral di seluruh dunia dan sudah ditonton 188 juta orang sejak tahun
2012. Efeknya juga luar biasa lho. Metro Train mengatakan kampanye
pemasaran telah berhasil mengurangi kecelakaan “hampir-tabrakan” hingga
30%.

 

 Marketing online menyediakan ruang bagi siapa saja untuk mempromosikan produknya


Apa kecenderungan milenials


https://linkumkm.id/news/detail/11930/ini-manfaat-chatbot-untuk-berbisnis

Berenang atau tenggelam.


Berubah atau mati.


Sebab sekali lagi, digital adalah sebuah keniscayaan di masa mendatang. Ia adalah tren, kebutuhan sekaligus gaya hidup.

Getting Info...

Posting Komentar

Tulis komentar dengan kata-kata yang baik, terima kasih telah berkunjung 🙏
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.