☎ Hotline: +62 823 7728 3090 | pikiransuper.id@gmail.com
Halo para Generalis Muda Indonesia - Mari bergabung dan belajar bersama di Komunitas Pikiran Super Indonesia! - Mind Change Your Life!. Gabung Sekarang!
Postingan

Pendidikan : Pengertian, Tujuan dan Unsurnya dalam Kehidupan

Apa itu pendidikan? Banyak ahli yang mendefinisikan pendidikan : pengertian, tujuan dan unsurnya. Karena pendidikan sangat penting dalam hidup umat manusia. Pendidikan yang baik akan membawa manusia pada kualitas hidup yang lebih baik.
 
Pendidikan menjadi kebutuhan sangat penting bagi seluruh umat manusia. Sehingga pendidikan terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Perubahan pendidikan menyesuaikan dengan  perkembangan zaman.


Pendidikan : Pengertian, Tujuan dan Unsurnya dalam Kehidupan Sehari-Hari


Pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan dengan tujuan agar kegiatan pembelajaran berlangsung secara aktif. Contoh relevan aktivitas pendidikan adalah sekolah. Di sekolah, siswa dapat mengembangkan potensi dan kemampuan diri dari pengetahuan, kecerdasan, dan kepribadian.

 

1.      Pengertian pendidikan dalam arti luas

Pendidikan adalah seluruh pengalaman belajar  di segala lingkungan yang berlangsung sepanjang hidup. Pengalaman belajar di segala lingkungan yang merupakan hasil interaksi individu baik dengan lingkungan fisik maupun sosial.

 

2.      Pengertian pendidikan dalam arti sempit

Pendidikan adalah proses pembelajaran yang dilakukan di lembaga formal seperti sekolah dengan segala upaya dan usaha membentuk kemampuan yang sempurna dan kesadaran penuh terhadap tugas-tugas sosial mereka.

Pengertian pendidikan juga disampaikan Budiyanto dalam Kurniawan (2017, hlm. 27) bahwa pendidikan adalah mempersiapkan dan menumbuhkan anak didik atau individu manusia yang proses berlangsung secara terus-menerus sejak ia lahir sampai ia meninggal dunia.

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa Pendidikan : pengertian, tujuan dan unsurnya adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan proses pembelajaran dengan tujuan agar peserta didik aktif mengembangkan potensi diri dari sisi kecerdasan, pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian.

 

Unsur  Pendidikan

Pendidikan : pengertian, tujuan dan unsurnya juga berkaitan dengan banyak hal yang mendukungnya untuk tetap berjalan. Hal tersebut adalah unsur-unsur pendidikan di dalamnya. Sehingga pendidikan dapat memiliki fungsi dan manfaat yang diharapkan.

Unsur-unsur pendidikan merupakan syarat terjadinya proses pendidikan. Tanpa adanya unsur-unsur pendidikan sebuah pembelajaran belum bisa disebut sebagai pendidikan. Apa saja unsur-unsur dalam pendidikan? Unsur-unsur pendidikan tersebut antara lain:

 

1.      Peserta Didik

Peserta didik merupakan subjek yang dibimbing. Karena mereka individu yang sedang berkembang dan membutuhkan bimbingan, peserta didik mengalami pendidikan di tiga lingkungan. Antara lain, lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

 

2.      Pendidik

Pendidik adalah mereka yang memberikan bimbingan. Para pendidik bertanggung jawab atas pelaksanaan pendidikan dan sasaran yang hendak dicapai. Sebagai seorang pendidik, guru harus memiliki kemampuan yang mendukung proses belajar mengajar.

 

3.      Interaksi Edukatif

Antara peserta didik dengan pendidik harus terjadi interaksi edukatif. Interaksi tersebut merupakan komunikasi timbal balik antara pendidik dan peserta didik yang mengarah pada tujuan pendidikan.

 

4.      Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan nasional yang terdapat dalam UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam setiap pembelajaran yang dilakukan tentu mengarah pada tujuan yang akan dicapai yang selaras dengan tujuan nasional Indonesia.

 

5.      Materi Pendidikan

Materi pembelajaran merupakan ilmu pengetahuan atau sains yang disampaikan oleh pendidik kepada peserta didik. Ilmu ini yang diharapkan menjadi bekal peserta didik untuk mencapai cita-cita yang mereka impikan.

 

6.      Alat dan Metode

Alat dan metode pendidikan adalah segala sesuatu yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam hal ini alat dan metode diharapkan dapat membantu proses pembelajaran dengan efektif dan efisien.

 

7.      Lingkungan Pendidikan

Peserta didik mengalami pendidikan di tiga lingkungan. Antara lain, lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Karena itu, pendidik yang bertanggung jawab terhadap pendidikan adalah, orang tua, guru, dan masyarakat.

 

Tujuan Pendidikan


Tujuan pendidikan Indonesia terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan dari pendidikan yaitu perubahan yang diharapkan setelah selesai mengikuti pendidikan.

Tujuan pendidikan di setiap instansi berbeda-beda.  Secara umum, pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi manusia. Beberapa instansi memiliki tujuan untuk menghasilkan peserta didik yang kompeten dalam keahlian tertentu.

 

Penutup

Pendidikan: pengertian, tujuan dan unsurnya memberi pandangan baru tentang esensinya bagi perkembangan manusia. Tanpa pendidikan manusia akan sulit untuk bertahan hidup. Oleh karena itu pemerintah selalu berupaya agar semua rakyat mendapatkan pendidikan yang layak.

Getting Info...

Posting Komentar

Tulis komentar dengan kata-kata yang baik, terima kasih telah berkunjung 🙏
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.