☎ Hotline: +62 823 7728 3090 | pikiransuper.id@gmail.com
Halo para Generalis Muda Indonesia - Mari bergabung dan belajar bersama di Komunitas Pikiran Super Indonesia! - Mind Change Your Life!. Gabung Sekarang!

Menjadi Versi Terbaik dari Diri Sendiri, Butuh Berapa Lama?

 
Pernahkah Anda memikirkan diri sendiri sebelum tidur? Besok adalah hari dimana aku akan berubah. Besok adalah hari saya akan bangun pagi, sarapan sehat, jogging, menghirup udara segar. Besok adalah hari dimana aku ingin  menjadi orang yang sangat aku inginkan menjadi versi terbaik dari diriku. Yah, perubahan tidak datang dengan mudah.  Anda perlu memasukkan kebiasaan tertentu ke dalam hidup Anda yang pada akhirnya akan menjadikan Anda  versi terbaik dari diri Anda.

Anda juga harus menyingkirkan beberapa kebiasaan  yang mengganggu Anda. Jadi, berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk membentuk kebiasaan baru atau menghentikan kebiasaan lama?

Kebanyakan orang akan memberi tahu Anda bahwa dibutuhkan tepat 21 hari bagi seseorang untuk membentuk kebiasaan atau menghentikan kebiasaan lama. Saya ingat suatu kali di sekolah menengah, salah satu guru saya memberi tahu saya bahwa saya membutuhkan waktu tepat 21 hari  untuk membentuk kebiasaan baru.  

Dan saya pikir, ini adalah kesempatan saya untuk menjadi sampah. Saya pikir untuk 21 hari ke depan, daripada bangun setiap hari dan berteriak, Bu, tolong jangan lupa untuk menyiapkan saya untuk tidur  hari ini, saya pikir saya akan melakukannya sendiri - hari demi hari, pagi lebih awal, 6 pagi. Bahkan ketika saya terlambat bekerja, saya bangun setiap pagi dan bersiap-siap untuk tidur, dan saya benci setiap detik.

Dan pada tanggal 22, saya membuka mata, dan hal pertama yang saya lakukan adalah berkata, Bu, jangan lupa bereskan tempat tidurmu hari ini. Aku pergi keluar.

 Dan tentu saja, itu yang diharapkan. Dan saya pikir, oke, mungkin hidup saya akan sedikit lebih buruk daripada kantuk. Sama sekali tidak. Tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa teori 21 hari  adalah mitos paling terkenal di dunia tentang pengembangan diri. Mari selami sedikit lebih dalam teori kita untuk memahami dari mana angka 21 berasal dan alasan penyebarannya serta penjualan buku dan kursus pertumbuhan

 Dr. Maxwell Maltz adalah seorang ahli bedah plastik di tahun 1950-an ketika dia mulai memperhatikan pola-pola aneh pada pasiennya. Misalnya, selama operasi hidung, dia memperhatikan bahwa pasien membutuhkan waktu tepat 21 hari untuk terbiasa dengan hidung barunya. Dia juga menemukan bahwa jika seorang pasien memiliki lengan atau kaki yang diamputasi, pasien akan mengenali sensasi anggota tubuh baru mereka selama 21 hari sebelum  terbiasa dengan kondisi baru mereka.
 
Dr. Moss menerbitkan teorinya dalam sebuah buku yang menjadi sangat populer saat itu dan terjual lebih dari 30 juta kopi. Dan di situlah konflik dimulai, dan masuk akal bagi orang-orang untuk mulai mempercayai teorinya. Mengapa? Nomor satu, nomor 21 dianggap berumur pendek, dan  juga dianggap sebagai sumber godaan, yang berarti Anda dapat melakukan sesuatu. Nomor dua, nomor 21 juga butuh waktu lama untuk dipercaya.

Tantangan yang sulit, tetapi bukan tidak mungkin. Maksud saya, siapa yang tidak ingin mengubah seluruh hidup mereka hanya dalam 21 hari? Tidak ingin mulai bangun pagi setiap hari? Tidak ingin mulai memasak resep sehat? Tidak ingin mulai meminum minuman aneh, smoothie, dan lainnya dalam waktu kurang dari sebulan?

Kami akan melakukannya sebentar lagi. Jadi apakah itu benar? Bisakah kita benar-benar mengubah hidup kita dalam 21 hari? Saya tahu kedengarannya sangat menyenangkan, tetapi sebenarnya ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan perkiraan berapa lama Anda akan membentuk kebiasaan baru atau membuang racun lama. Yang pertama adalah kompleksitas tujuan Anda.

Jika saya memutuskan untuk mulai makan buah setiap hari, yang seharusnya menjadi kebiasaan sederhana,  mungkin akan memakan waktu lebih sedikit daripada jika saya ingin mempelajari keterampilan atletik yang kompleks seperti servis tenis.

 Konsistensi perilaku nomor dua mempengaruhi kecepatan akuisisi. Saya mengulangi perilaku tertentu selama tiga menit setiap hari yang berbeda dari teman saya yang mengulangi perilaku yang sama selama 30 menit sehari. Jadi kami ingin membuat semuanya menjadi jelas.

Berapa lama waktu yang  kita butuhkan untuk membentuk kebiasaan baru atau menghentikan kebiasaan lama?  Dan apakah ada penelitian yang dapat diandalkan yang dapat kita andalkan? Jawabannya iya.

Ada penelitian terkenal oleh psikolog Philip Olay yang disebut Bagaimana Kebiasaan Kita Dibentuk. Penelitian ini diikuti 96 orang selama dua belas minggu. Setiap orang memilih rutinitas baru selama dua belas minggu, seperti minum tiga gelas air sebelum makan siang atau jogging selama 15 menit setelah makan malam.  Setelah dua belas minggu, data dianalisis untuk menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk beralih dari kebiasaan lama ke kebiasaan baru secara tidak sadar.

 Dan setelah dua belas minggu, kami menemukan bahwa dibutuhkan sekitar dua hingga delapan bulan agar tugas tersebut menjadi kebiasaan, dan tepatnya 66 hari. Perbedaan waktu yang dibutuhkan untuk membentuk kebiasaan sangat tergantung pada tugas itu sendiri, orang dan keadaan mereka, karena beberapa dapat membentuk kebiasaan hanya dalam  18 hari, sementara yang lain membutuhkan  254 hari.

Karena itu. Menurut psikolog Lally.  Jika Anda ingin tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membentuk kebiasaan baru atau menghentikan kebiasaan lama. Yang benar adalah bahwa Anda mungkin perlu dua sampai delapan bulan. Dan bukan hanya 21 hari. teman. Saya tidak tahu apakah itu dua bulan.  Tiga bulan. Lima, dua tahun. Tidak peduli berapa lama waktu yang dibutuhkan. Penting bagi Anda untuk memulai hari ini.  

Dan begitu Anda memulai, pastikan Anda tetap dengan rutinitas baru Anda. Letakkan di jadwal Anda, atur pengingat, ciptakan lingkungan yang mendukung. Dan yang paling penting, Anda tidak harus sempurna. Membuat kesalahan sekali atau dua kali tidak memiliki efek jangka panjang pada perilaku Anda. Bahkan, itu akan menghemat waktu Anda dengan terburu-buru.  Anda harus memberi diri Anda waktu dan tidak  terburu-buru untuk menjadi perawan yang lebih baik. Jika saya ingin menjadi orang yang lebih baik, saya harus masuk ke dalam sistem dan merangkul prosesnya.

Dengan begitu, saya akan berkomitmen untuk membuat perbaikan kecil daripada  terburu-buru. Perubahan tidak selalu mudah dan tidak selalu mudah. Tetapi dengan dedikasi yang cukup, kebiasaan apa pun dapat dibentuk kembali.  Jadi, jika Anda benar-benar ingin  menjadi versi terbaik dari diri Anda, bangunlah hari ini dan lakukanlah. Saya berjanji Anda akan sampai di sana. Terima kasih


Getting Info...

Posting Komentar

Tulis komentar dengan kata-kata yang baik, terima kasih telah berkunjung 🙏
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.