☎ Hotline: +62 823 7728 3090 | pikiransuper.id@gmail.com
Halo para Generalis Muda Indonesia - Mari bergabung dan belajar bersama di Komunitas Pikiran Super Indonesia! - Mind Change Your Life!. Gabung Sekarang!

IQ Bisa Berkurang! Apa yang Membuat IQ Menurun? Simak Penjelasan Berikut ini.

Hi learners, dalam salah satu studi menemukan bahwa kedua sisi otak kita bekerja sama untuk memproses semua informasi kecil yang masuk ke otak. Dan fungsi pemrosesan informasi ke otak ini dinamakan sebagai IQ. Lantas, apa yang membuat IQ menurun?

Perlu Anda ketahui bahwa ada banyak faktor yang dapat menurunkan kekuatan otak seseorang dalam kaitannya dengan IQ. IQ ini bersifat dinamis dan banyak hal yang mempengaruhinya untuk meningkat ataupun sebaliknya.

Apa itu IQ?

Apa itu IQ? IQ (Intelligent Quotient) atau yang biasa disebut dengan kecerdasan intelektual merupakan kecerdasan seseorang yang berdasarkan kekuatan atau kecepatan otak kiri dalam memproses suatu informasi dan menyerapnya.

Kecerdasan intelektual atau yang biasa kita sebut IQ merupakan salah satu indikator kecerdasan manusia. Kecerdasan yang dimaksud ini adalah akal yang terdiri dari proses belajar dan pengalaman hidup.

IQ merupakan kemampuan seseorang untuk berpikir, mengingat, memahami, mengevaluasi, memproses, mengontrol, dan bertindak secara terarah tentang lingkungan. IQ biasanya berkaitan erat dengan kemampuan intelektual, logis, analitis, matematis, dan pemecahan masalah strategis.

IQ juga berkaitan dengan kemampuan komunikasi, respon atau respon terhadap lingkungan sekitar, dan kemampuan mempelajari sejumlah materi seperti matematika. Sepanjang sekolah, kecerdasan ini disempurnakan dengan berpikir rasional.

Misalnya, ketika belajar tentang matematika, kita dilatih untuk memahami, menganalisis, dan memecahkan masalah dari masalah. Dalam pemecahan suatu masalah inilah otak yang mengalami aktivitas banyak adalah bagian kiri.

Hal Apa yang Membuat IQ Menurun?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa IQ ini bisa bertambah ataupun berkurang. Bagi Anda yang merasa IQ nya kurang, maka alternatifnya adalah meningkatkannya dengan cara-cara meningkatkan IQ.

Peningkatan kecerdasan manusia juga bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan permainan yang meningkatkan IQ. Permainan ini biasanya berupa game-game yang sudah didesain sedemikian rupa untuk mengangkat kinerja otak kiri agar lebih bekerja.

Selain bisa meningkat, perlu diwaspadai pula bahwa IQ Anda bisa mengalami penurunan. Penurunan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor-faktor, bisa dari makanan ataupun kebiasaan-kebiasaan yang menumpulkan IQ. Apa yang membuat IQ menurun tersebut?

1. Faktor Makanan

Apa yang membuat IQ menurun pertama adalah makanan. Yang dapat menumpulkan fungsi kecerdasan otak diantaranya adalah beberapa hidangan yang mengandung tinggi fruktosa (gula) dan lemak trans. Selain itu ikan yang memiliki kandungan merkuri yang tinggi juga diyakini bisa melemahkan fungsi otak.

Selain dari makanan, ternyata ada juga minuman yang mampu melemahkan IQ seseorang. Dan itu adalah alkohol. Jadi mulai sekarang sebaiknya bagi Anda yang pecinta alkohol untuk mengurangi, dan kalau bisa berhenti mengkonsumsi adalah solusi terbaik.

2. Faktor Kebiasaan

Stres adalah kebiasaan buruk yang sering terjadi pada generasi remaja atau bahkan orang dewasa. Stress ini juga dapat membuat kecerdasan intelektual manusia. Selain stress, kebiasaan multitasking juga harus dihindari karena ini pula bisa menyebabkan seseorang mengalami penurunan IQ.

Bagaimana seseorang bisa mengetahui bahwa IQ nya mengalami penurunan? Ini bisa dibuktikan dengan cara tes IQ. Hi learners bagi Anda yang belum tahu, sebenarnya bagaimana cara tes IQ itu?

Tes ini bisa dilakukan dengan menemui pakarnya dan meminta tes IQ. Kemudian nantinya mereka akan memberikan beberapa soal guna menilai seberapa tinggi IQ Anda.

Penutup

Baiklah learners, setelah mengetahui apa yang membuat IQ menurun, maka seyogyanya Anda mulai saat ini untuk mengurangi atau bahkan menghindari hal-hal yang disebutkan di atas agar kualitas kecerdasan Anda tidak mengalami penumpulan.

Getting Info...

Posting Komentar

Tulis komentar dengan kata-kata yang baik, terima kasih telah berkunjung 🙏
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.