☎ Hotline: +62 823 7728 3090 | pikiransuper.id@gmail.com
Halo para Generalis Muda Indonesia - Mari bergabung dan belajar bersama di Komunitas Pikiran Super Indonesia! - Mind Change Your Life!. Gabung Sekarang!

Cara Mengenali Potensi Diri untuk Hidup yang Lebih Sukses yang Harus Kamu Ketahui!

Hi learners, termasuk mengatasi berbagai masalah dan rintangan yang kita hadapi dalam hidup kita ialah adanya potensi diri. Sangat penting untuk mengetahui cara mengenali potensi diri untuk hidup yang lebih sukses.

Cara Mengenali Potensi Diri

Untuk itu, sudah seharusnya bagi Anda untuk mengenali terlebih dahulu apa itu potensi diri. Kemudian setelah itu, seyogyanya Anda mengupgrade serta menambah potensi diri yang kalian miliki.

Apa Itu Potensi Diri?

Bonnie A. Barlow, Ph.D. Dalam Psikologi, University of New Hampshire, Durham, dalam disertasi tentang potensi diri dan kecerdasan pribadi, menetapkan potensi subjektif, pengalaman, arah, tujuan hidup, dan tujuan.

Potensi inti berkaitan erat dengan istilah pengembangan diri, seperti yang dikenal dalam psikologi kepribadian. Dalam risalahnya, Barlow menjelaskan bahwa kemungkinan ini mencakup 4 aspek utama seseorang mengenali potensi diri untuk hidup yang lebih sukses. Yaitu :

  • Identifikasi identitas Anda
  • Mengintegrasikan berbagai aspek diri, termasuk aspek kognitif, emosional, dan motivasi
  • Proses menciptakan makna pribadi
  • Tetapkan rencana dan tujuan hidup

Cara-Cara Mengenali Potensi Diri dan Kelemahan Diri

Manusia bukanlah makhluk yang sempurna, ia memiliki kelebihan tapi juga kekurangan. Potensi setiap individu ini berbeda-beda, salah satu cara mengenali kemampuan Anda dengan Tes mengenali potensi diri. Selain itu, kiat-kiat berikut ini juga bisa digunakan:

  1. Kenali potensi diri Anda sendiri!
  2. Cara mengenali potensi diri dan kelemahan diri adalah yang paling baik, walaupun tidak semuanya seperti itu. Namun, ada juga beberapa yang dalam prosesnya membutuhkan adanya bantuan dari faktor-faktor eksternal seperti teman, guru, atau yang lainnya.

    Sekolahan sebagai contoh, merupakan salah satu bantuan yang berasal dari luar (eksternal) yang disediakan untuk para siswa menggali potensi mereka. Sekolah ini mengadakan ekskul-ekskul bermacam-macam guna mencari bakat-bakat terpendam peserta didik.

  3. Mencari tahu kepandaian atau kecakapan
  4. Sekarang ini, banyak orang yang tahu kecakapan atau kepandaian apa yang ia miliki. Dalam prosesnya, mengenali potensi diri untuk hidup yang lebih sukses biasanya terjadi saat remaja atau bahkan bisa pula tatkala sudah tua.

    Selain di atas, contoh potensi diri yang positif seperti bakat seseorang dalam musik misalnya, atau bakat dalam menyanyi, berbakat dalam MC, atau yang lainnya. Untuk potensi-potensi yang positif harus dilatih terus menerus agar kelak membuahkan hasil yang memuaskan.

  5. Mencoba hal-hal yang baru
  6. Beberapa orang sering menyukai hal-hal yang nyaman. Contoh, jika seorang teman di lingkungan Anda menyukai jenis musik tertentu, dia akan mengikuti hal itu. Hal ini membuat orang tersebut sulit menemukan potensinya.

    Contoh potensi diri itu unik, jadi tidak masalah jika berbeda. Jadi bukan hal yang buruk untuk menjadi berbeda. Alasannya adalah bahwa melalui keberanian yang berbeda orang menjadi percaya diri pada apa yang mereka sukai dan ingin mereka kembangkan.

  7. Berani menghadapi besarnya tembok kegagalan
  8. Seperti variasi lainnya, beberapa orang menghindari kegagalan. Keinginan untuk sukses selalu baik, tetapi tanpa kegagalan, seseorang tidak benar-benar siap untuk sukses. Kegagalan mengarah pada penilaian diri dan introspeksi, sehingga Anda dapat menunjukkan potensi Anda.

Untuk itu sebagai salah satu cara mengenali potensi diri untuk hidup yang lebih sukses, berani gagal adalah sikap yang harus dimiliki. Namun jika Anda masih mengalami kegagalan, perlu diadakan evaluasi ulang. Apakah disebabkan tidak punya bakat atau Anda yang terlalu takut.

Getting Info...

Posting Komentar

Tulis komentar dengan kata-kata yang baik, terima kasih telah berkunjung 🙏
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.