☎ Hotline: +62 823 7728 3090 | pikiransuper.id@gmail.com
Halo para Generalis Muda Indonesia - Mari bergabung dan belajar bersama di Komunitas Pikiran Super Indonesia! - Mind Change Your Life!. Gabung Sekarang!

Begini Gaya Hidup yang Bikin Panjang Umur, Wajib ditiru!

Tahukan kamu bahwa Jepang adalah negara dengan masyarakat yang berumur panjang dengan rata-rata berusia hingga 86 tahun bahkan lebih. Rahasia panjang umur itu ternyata sederhana loh. Begini gaya hidup yang bikin panjang umur.

Meski tidak ada yang mengetahui betapa panjang usia seseorang. Kamu bisa melakukan sesuatu agar memiliki umur yang panjang. Gaya hidup yang kini kamu jalani bisa kamu ubah, bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut.

Catat! Begini Gaya Hidup yang Bikin Panjang Umur

Banyak orang yang menginginkan umur panjang. Namun banyak juga yang tidak tau bagaimana cara memperbaiki gaya hidup yang telah mereka jalani. Nah, begini gaya hidup yang bikin panjang umur yang bisa kamu tiru.

1. Hindari merokok dan mengkonsumsi alkohol

Sebuah penelitian mengatakan bahwa merokok dan mengkonsumsi alkohol membuat risiko kematian menjadi tinggi. Karena itu, kamu perlu berhenti dari kebiasaan buruk ini. Kedua kebiasaan ini menimbulkan beberapa penyakit yang cukup berisiko.

2. Hindari stress

Stress seringkali kita dapatkan dari berbagai hal. Untuk itu kamu perlu menghindari stress berlebih yang berdampak pada kesehatan kamu. Meski tidak bisa menghindari secara keseluruhan, kamu bisa mengurangi hal-hal yang menyebabkan kamu stress.

3. Kontrol waktu tidur

Kamu bisa mulai untuk mengontrol waktu tidur. Beberapa fakta menunjukkan bahwa seseorang yang tidak dapat tidur dengan baik seringkali menderita. Selain itu, produktivitas kamu akan terganggu jika waktu tidur bermasalah.

4. Olahraga

Tidak dapat dipungkiri bahwa olahraga membantu organ tubuh bekerja dengan baik. Karena itu, untuk mendapatkan umur panjang kamu bisa mulai rajin olahraga. Banyak cabang olahraga yang bisa kamu ikuti sesuai kemampuan.

5. Kontrol Makanan

Makanan yang masuk ke dalam tubuh sangat penting untuk diperhatikan. Karena itu, hindari makanan cepat saji. Perbanyak makanan sehat seperti buah dan sayur, makanan kaya akan nabati, serta makanan berserat agar organ tubuh kamu semakin sehat.

Tips Umur Panjang Warga Jepang

Penduduk Jepang yang paling banyak berumur panjang berada di Okinawa. Untuk itu simak begini gaya hidup yang bikin umur panjang orang Jepang. Tak jarang juga warga Jepang berumur hingga 100 tahun loh.

Angka harapan hidup warganya rata-rata sekitar 83,89% pertahun. Berbeda dengan Indonesia dengan angka harapan hidup rata-rata sekitar 69 tahun. Apa rahasianya? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Sering mengkonsumsi sayuran

Masakan tradisional Jepang sering kali terdiri dari nasi, sayuran serta ikan laut. Mereka cenderung mengkonsumsi sayuran saat menyajikan makanan bahkan hingga saat ini. Selain itu, masyarakat Jepang juga sering mengkonsumsi kacang edamame sebagai camilan.

2. Sangat Menyukai Kebersihan

Masyarakat Jepang menyukai kebersihan. Karena itu sangat jarang bahkan hampir tidak mungkin menemukan sampah berserakan di Jepang. Bagi masyarakat Jepang, kebersihan adalah moral yang baik.

3. Teh Hijau

Antioksidan dalam teh hijau rupanya bisa membuat usia seseorang menjadi lebih panjang. Jepang menyebut teh hijau dengan sebutan matcha dan sering mengonsumsinya. Matcha sendiri dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit kanker, kardiovaskular, dan degeneratif.

4. Sering Berjalan Kaki

Di Jepang, kendaraan seperti motor sangat jarang ditemui. Masyarakat Jepang cenderung berjalan kaki meski dari rumah ke stasiun sekalipun. Memperbanyak aktivitas fisik rupanya juga dapat menambah usia loh.

5. Memperhatikan Makanan yang dikonsumsi

Masyarakat Jepang sangat memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Mereka sangat jarang menggoreng makanan kecuali katsu. Makanan Jepang seringkali dikukus, fermentasi, memanggang untuk memastikan nutrisi pada makanan tidak hilang.

Kamu dapat meniru tips umur panjang orang Jepang seperti yang telah dijelaskan. Kesehatan sangat penting untuk menjaga tubuh dari segala penyakit. Sementara menjadi sehat sendiri juga bukan hal yang mudah.

Jika kamu beragam Islam, resep panjang umur menurut Islam adalah beriman kepada Allah SWT, berpikir positif, berbuat baik. Kamu juga dapat mempererat silaturahmi serta lebih berbakti kepada orang tua.

Penutup

Penjelasan di atas merupakan resep panjang umur dan sehat secara fisik serta rohani. Lakukan banyak hal positif juga ya! Terimakasih telah membaca artikel kami yang berjudul Begini Gaya Hidup yang Bikin Panjang Umur, Wajib ditiru.

Getting Info...

Posting Komentar

Tulis komentar dengan kata-kata yang baik, terima kasih telah berkunjung 🙏
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.