☎ Hotline: +62 823 7728 3090 | pikiransuper.id@gmail.com
Halo para Generalis Muda Indonesia - Mari bergabung dan belajar bersama di Komunitas Pikiran Super Indonesia! - Mind Change Your Life!. Gabung Sekarang!
Postingan

Bagaimana Tujuan Pendidikan Bisa Tercapai? Simak Penjelasannya!

Bagaimana tujuan pendidikan bisa tercapai merupakan tugas kita bersama. Pendidikan bisa diartikan sebagai proses belajar mengajar untuk mewujudkan manusia yang kualitas dan berdaya saing melalui usaha sadar dan nyata.

Usaha dan upaya sadar dengan beragam cara terus dilakukan. Mulai dari perbaikan sarana dan prasarana, peningkatan mutu, hingga perubahan kurikulum. Namun, dengan beragam cara tersebut bagaimana cara agar tujuan pendidikan dapat tercapai?

 

Bagaimana Tujuan Pendidikan Bisa Tercapai? Ini Caranya!


Bapak pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantoro menjelaskan tujuan pendidikan adalah  mengajarkan berbagai macam disiplin ilmu kepada siswa supaya memiliki kepribadian baik dan sempurna dalam hidup yang selaras dengan masyarakat, alam, dan lingkungan.

Seorang guru adalah ujung tombak dalam pelaksanaan tujuan pendidikan. Tak heran jika kemampuan mengajar guru sangat berpengaruh terhadap tercapainya tujuan pendidikan. Lalu, apa yang harus dilakukan seorang guru untuk mencapai tujuan pembelajaran?

 

1.  Kemampuan mengajar.


Guru umumnya memberikan pemahaman siswa melalui mengajar.  Kemampuan mengajar seorang guru sangat diperlukan dalam menyampaikan  materi pada peserta didik. Kemampuan mengajar yang baik akan memberikan pemahaman yang baik pula pada siswa.

Bagaimana tujuan pendidikan bisa tercapai? Untuk mencapai tujuan pendidikan nasional guru perlu memiliki kemampuan dalam mengajar.  Jika kita tidak memiliki dasar dalam hal mengajar tentu kita tidak tahu akan kemana arah tujuan pendidikan ini.

 

2. Menjelaskan materi.


Kemampuan guru dalam menjelaskan materi dengan lebih sederhana sangat dibutuhkan bagi peserta didik. Guru yang baik adalah guru yang mampu menjelaskan materi sulit menjadi sederhana dan mudah dipahami.

Dalam menyampaikan materi pembelajaran seorang guru harus memahami isi materi yang akan disampaikan. Selain menguasai materi pembelajaran, guru juga bisa menggunakan perangkat pendukung untuk menjelaskan materi.

 

3. Memberikan pemahaman


Bagaimana tujuan pendidikan bisa tercapai selanjutnya adalah mampu memberikan pemahaman. Mengapa ini diperlukan? Karena pembelajaran yang baik adalah mampu memberikan pemahaman. Siswa yang awalnya belum memahami  menjadi memahami materi.

Pemahaman juga dinilai sangat efektif dan efisien. Pemahaman siswa yang baik akan lebih kuat tertancap dalam ingatan.Selain lebih mudah diingat, pemahaman yang baik terhadap pembelajaran yang disampaikan akan memicu kreativitas baru pada diri peserta didik.

 

4.  Pengelolaan kelas


Ada banyak situasi dan kondisi yang akan dihadapi guru saat berada di dalam kelas. Seperti siswa ramai, gaduh, bertengkar dengan teman, dan lain-lain. Guru harus mampu untuk mengelola kelas agar bisa kondusif untuk kegiatan pembelajaran.

Kelas merupakan tempat guru dan siswa untuk aktivitas belajar mengajar. Oleh karena itu, kemampuan mengelola kelas sangat dibutuhkan bagi seorang guru untuk mencapai apa yang seharusnya menjadi tujuan pendidikan.

 

5. Memotivasi siswa


Guru perlu menyisipkan motivasi saat mengajar. Hal itu sangat penting untuk perkembangan siswa. Siswa yang termotivasi tentu lebih semangat dalam aktifitas belajar mengajar. Motivasi bisa menjadi dorongan kuat dalam diri peserta didik untuk mencapai cita-cita.

Bagaimana jika tujuan pembelajaran tidak tercapai? Disini peran motivasi sangat dibutuhkan. Karena untuk mewujudkan  tujuan pendidikan nasional, motivasi berperan penting dalam mendorong semangat dan antusias siswa dalam meraih cita-cita mereka.

Dengan cara apa tujuan pendidikan dapat tercapai? Tentu ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh guru. Selain kemampuan di atas, masih banyak kemampuan lain di luar sana yang bisa kita pelajari. Terus belajar akan memudahkan kita beradaptasi dengan zaman.

 

Penutup

Learners,  bagaimana tujuan pendidikan bisa tercapai adalah tanggung jawab kita bersama sebagai warga negara. Oleh sebab itu, kenali kemampuan apa saja yang Anda miliki dan terus kembangkan. Karena hakikatnya, tujuan pendidikan yaitu terciptanya generasi bangsa yang cerdas dan mulia.

Getting Info...

Posting Komentar

Tulis komentar dengan kata-kata yang baik, terima kasih telah berkunjung 🙏
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.