☎ Hotline: +62 823 7728 3090 | pikiransuper.id@gmail.com
Halo para Generalis Muda Indonesia - Mari bergabung dan belajar bersama di Komunitas Pikiran Super Indonesia! - Mind Change Your Life!. Gabung Sekarang!
Postingan

Menumbuhkan Kesadaran Mental


Menjaga mental agar tetap sehat bukanlah suatu hal yang perlu dipaksakan, kita hanya perlu menyadari betapa pentingnya kesehatan mental sebagai penunjang keberlangsungan hidup yang baik. Jika saja mental kita sedang sakit, maka bukan hanya pikiran kita yang kacau tetapi seluruhnya baik batin maupun fisik ragawi juga terdampak.

Apabila kita membiarkan pikiran kita dalam kondisi yang buruk, dampak-dampak yang akan kita terima juga akan lebih banyak salah satunya adalah psikosomatis, yaitu keadaan di mana seseorang mengalami rasa sakit secara fisik namun ketika dicek secara ilmiah tidak ditemukan sakit apa pun. Biasanya ketidaksehatan mental memengaruhi kerja lambung, jantung dan hati sehingga menjadi terganggu atau ter hambat, akibatnya timbul rasa sakit. Sakit mental lebih sulit disembuhkan bahkan beberapa penyakit mental di klaim bahwa tidak ada yang bisa menyembuhkannya. Ketika mental sedang kumat, seseorang akan kehilangan kendali atas dirinya sendiri.

Tahukah kamu secara sederhana memperbaiki kualitas kesehatan mental dapat merubah banyak aspek kehidupan.  Dengan menjaga kesehatan mental, kamu akan lebih mudah mengatur suasana hati yang baik, membangun ketahanan, dan membantu menikmati kehidupan dengan lebih tenang. 

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan kesadaran mental, yuk simak!

Terapi bicara hal positif pada diri sendiri

Banyak penelitian menyebutkan bahwa sudut padang memengaruhi kejiwaan kamu. ketika kita memandang diri secara positif maka akan timbul rasa damai, nyaman dan tenang. Pun sebaliknya jika kita memandang diri dengan negatif maka akan timbul rasa cemas dan gelisah. Maka dengan kita mengucapkan kata afirmasi positif kepada diri sendiri akan menimbulkan reaksi yang positif pula sehingga membuat kita lebih optimis.

Membuat jurnal syukur

Dengan menuliskan hal-hal yang bisa disyukuri bisa membuat kita merasa lebih baik, cobalah untuk menuliskan sesuatu yang paling mudah untuk disyukuri seperti mata yang bisa melihat, kuping yang bisa mendengar, kaki yang masih bisa melangkah dan sebagainya. Paling tidak tulis 10 hal sebelum tidur dan 10 hal ketika bangun tidur.

Satu hal satu waktu

Fokus dengan satu hal akan membuatmu lebih rileks, cobalah kerjakan segala sesuatu secara bertahap, satu persatu. jangan mengerjakan dua hal dalam satu waktu, nikmati setiap hal yang kamu kerjakan dengan sepenuh hati. Rasakan bagaimana pikiranmu akan tertata rapih.

Olahraga

Mental juga sangat berkaitan dengan kesehatan fisik loh, jadi buat kamu yang merasa kurang gairah hidup cobalah untuk melakukan olahraga pagi dan sore, ini membantu melatih otot dan syaraf supaya rileks.

Tidur sebelum jam krusial

Jam-jam malam seringkali menimbulkan overthingking. Nah, siapa disini yang sering susah tidur karena banyak pikiran di malam hari? kamu korban jam krusial ini ya hehe. Jam krusial ini masuk pada pukul 21:00, ketika kamu bisa tidur sebelum waktu tersebut ini akan membantumu menghindari kegundahan hati esok hari. Kamu tahu tidak? bahwa lesu di pagi hari seringkali disebabkan overthingking pada malam hari. Sebaiknya selesaikan kegiatanmu sebelum jam itu dan tidurlah lebih awal. Rasakan beberapa hari efeknya.

Kak, di mana pembahasan kesadaran mental? baru saja kamu baca :)

Cobalah lebih banyak memperhatikan diri sendiri, karena dengan itu kesadaran mental akan tumbuh dengan sendirinya. Mulai sekarang sayangilah dirimu sepenuhnya.



Getting Info...

Posting Komentar

Tulis komentar dengan kata-kata yang baik, terima kasih telah berkunjung 🙏
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.