☎ Hotline: +62 823 7728 3090 | pikiransuper.id@gmail.com
Halo para Generalis Muda Indonesia - Mari bergabung dan belajar bersama di Komunitas Pikiran Super Indonesia! - Mind Change Your Life!. Gabung Sekarang!

Krisis Identitas? Kenali dirimu sekarang!


Apakah kamu pernah merasa lesu, tidak bersemangat, merasa sendirian meskipun di keramaian? Bisa jadi karena kamu belum mengenali diri kamu seutuhnya.

Tahukah kamu bahwa sebagian besar hidup kita akan lebih terarah jika kita mau mencari tahu siapa diri kita sebenarnya dan apa tujuan kita hidup di dunia. Dengan mengenali diri sendiri kita akan menyadari seberapa penting kita hidup dan di titik inilah kita mulai menuju kedamaian dan kebahagiaan.

Banyak orang merasa dirinya tak berharga, merasa gelisah bahkan kehilangan arah karena ketidaktahuannya tentang siapa dirinya. Temukan kebahagiaan dalam diri karena standar kebagiaan setiap orang berbeda-beda, seperti jabatan tinggi, hidup mewah, keluarga yang utuh atau sekedar bersama pasangan hidup.

Pada dasarnya untuk mengerti itu cukup mendengarkan, maka cobalah untuk duduk berdiam diri (Meditasi), sadari setiap reaksi batin yang muncul sampai berada pada titik tenang. Tanyakan pada dirimu sendiri bagaimana keadaannya, apa maunya dan langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya. Dari relung hati terdalam akan ada jawabannya, jika kamu tidak mendengarnya maka bisa dipastikan bahwa kamu sudah terlalu sering mengabaikan dan cenderung tidak peduli dengan diri sendiri sampai-sampai kamu kehilangan lentera kehidupan yang seharusnya menuntunmu.

Berikut ini beberapa tips buat kamu biar makin peka sama diri sendiri, yuk simak!

Pikirkan kekuatan dan kekurangan

Memikirkan hal ini akan membantumu lebih mengenal diri karena dengan mengukur seberapa kuat kemampuanmu, kamu juga bisa mengidentifikasi keterbatasan. dengan ini kamu tidak hanya akan mengenali diri tetapi bisa membantumu menentukan arah hidup.

Amati pergerakan pikiran

Seperti yang kita bahas diatas, Meditasi dapat membantu kita sadar akan diri sendiri. Dengan mengamati pikiran kita akan jauh lebih kenal dengan ide-ide yang muncul disini juga kamu akan menemukan keinginan atau harapan-harapan yang membuatmu kembali bersemangat untuk mewujudkannya.

Buatlah Jurnal kehidupan

Life journal atau Jurnal kehidupan berisi tentang segala keinginan dan juga syukur. Pada langkah ini sebaiknya amati dulu pergerakan pikiranmu karena banyak hal yang akan kamu tulis dari pengalaman mendengarkan batin sendiri. Tuliskan 10 Keinginanmu beserta alasannya lalu tulis juga 10 Syukurmu beserta alasannya. Terkadang kita mudah membuat alasan ketika salah, namun sekarang kamu harus membuat alasan kenapa kamu benar. Tahukah kamu bahwa dengan menuliskan atau mencurahkan beban kita ke buku itu sangat mengurangi tingkat stress dan juga membuat lebih lega daripada bercerita kepada orang lain. 

Menganalisis dan membuat daftar 

Pada tahap ini kamu di haruskan untuk kembali membaca apa yang telah kamu tulis tadi, tentukan mana harapan dan cita-cita yang mungkin dan mampu untuk kamu usahakan. Pilah kembali mana yang paling mudah untuk dilakukan dan mungkin digapai dalam waktu dekat. Berikan rencana terbaikmu dalam daftar kegiatan yang urut dan rapi. 

Konsisten

Yap, langkah terakhir kamu harus konsisten untuk melakukannya, semakin sering semakin bagus. Karena mengenali diri itu tidak sekedar tahu tetapi paham. Dengan begitu kamu akan mudah mengenali diri dan juga mengembangkan potensi yang ada pada dirimu.

Getting Info...

Posting Komentar

Tulis komentar dengan kata-kata yang baik, terima kasih telah berkunjung 🙏
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.